Baby enjoys music
Jika Anda peka dan mampu menyadari, sesungguhnya di sekitar kita telah terjadi alunan musik yang mengalir tanpa kita memutar sebuah instrumen yang memuat beberapa lantunan nada-nada indah menjadi rangkuman sebuah lagu. Ya, alam semesta telah menyuguhkan lantunan musik indah, misalnya gemuruh ombak di pantai, rintik hujan, kicauan burung, dan masih banyak suara lain yang akan membuat suasana jiwa menjadi teduh.
Sudah banyak penelitian yang memaparkan bahwa musik, khususnya musik klasik dapat meningkatkan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Intelegensi. Musik klasik dengan irama dan nada-nada teratur akan meningkatkan kedisiplinan anak dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Musisi dan pendidik, Grace Sudargo mengungkapkan, dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia dan berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter dan raga.

Dalam suatu ceramah musik, Ev. Andreas Christanday menerangkan 3 komponen penting musik yakni, beat yang mempengaruhi tubuh, ritme yang mempengaruhi jiwa, sedangkan harmoni mempengaruhi roh. Pernahkah kita melihat konser rock dengan penonton yang kalem? Tentu tidak, ada dorongan dalam beat musik ini yang memacu mereka untuk mengikuti irama entah itu melompat, berteriak atau berjingkrak-jingkrak. Walaupun tubuh mungkin lelah untuk mengikuti temponya, namun penonton tidak akan berhenti bergerak begitu saja. Di beberapa rumah sakit juga diputarkan lagu tertentu untuk memotivasi pasien. Pada saat operasi caesar, sejumlah rumah sakit akan memutarkan lagu tertentu agar kondisi jiwa ibu lebih tenang dan siap saat melakukan operasi.

Musik bisa menjadi pertolongan pertama saat galau. Belum tentu Anda menemukan teman cerita yang tepat untuk menumpahkan perasaan, saat itu siapkan musik dengan tema dan irama sesuai, tanpa berlama-lama tejebak dengan suasana “dramatis”, Anda bisa segera “berbalik” dengan memutar musik ceria yang dapat memotivasi Anda untuk segera bangkit dari kesedihan. Seorang psikolog menuturkan, “jika Anda merasa ada yang berat dengan hari ini, cobalah untuk memeriksa kembali. Barangkali Anda belum bernyanyi atau mendengarkan musik.

Itu hanya sedikit dari kegunaan musik. Anda bisa langsung mencobanya dengan atau tanpa instrumen yang bersangkutan. Bersenandung dan bernyanyi saja dapat mewakili perasaan Anda dan membuat hari-hari menjadi semakin berwarna, selamat mencoba.(fdh)
Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top