sleepwell
Banyaknya rutinitas dan pekerjaan yang menumpuk membuat semua orang mendambakan tidur yang berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, seseorang akan memperoleh tambahan energi dan lebih siap menjalani hari. Sedangkan tidur yang berkualitas tersebut tidak dinilai dari kuantitas atau lamanya waktu tidur. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak dan bangun dengan perasaan segar kendati waktu tidur hanya sekitar 15 menit.

Perasaan segar diiringi dengan hilangnya nyeri di tubuh akibat kelelahan akan menimbulkan semangat untuk mengawali hari. Namun beberapa orang dengan kebiasaan dan pola hidup yang salah membuat pola tidurnya juga bermasalah. Kebanyakan orang mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hypersomnia, atau tidur yang tidak berkualitas.

Padahal tidur yang baik mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Tidur yang berkualitas secara psikis juga mampu menjaga mood agar tetap ceria dan siap. Beberapa penelitian menjelaskan fakta kurangnya jam tidur yang berkualitas membuat seseorang mudah uring-uringan dan penuh rasa curiga. Hal ini semakin diperburuk dengan hilangnya konsentrasi.

Karena itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum tidur guna mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal tersebut adalah,

Makan secara teratur
Saat kita tidur, usahakan organ pencernaan kita juga ikut beristirahat. Karena itu makanlah sesuai jadwal dengan ketentuan 3 atau 4 jam sebelum tidur. Jika setelah makan Anda langsung tidur maka kerja lambung yang mencerna makanan saat Anda tidur dapat membuat Anda merasa pegal-pegal saat terbangun. Lambung memiliki jam kerja 3 sampai 4 jam untuk mencerna makanan. Jadi jika Anda biasa tidur pukul 9 malam, waktu makan paling telat adalah sekitar jam 5 atau jam 6 sore.

Hindari minuman manis

Jika Anda terbiasa meminum susu sebelum tidur maka sebaiknya minumlah disaat jam makan. Hal ini mencegah Anda terbangun karena ingin ke kamar kecil. Hal semacam ini akan mengganggu kualitas tidur Anda.

Membuang beban pikiran sebelum tidur

Jika Anda adalah pribadi yang penuh dengan rencana untuk esok hari maka, jangan bawa atau jangan pikirkan apapun sebelum tidur. Hal ini sama dengan jika Anda memikirkan masalah sebelum tidur. Selain mimpi buruk, bisa-bisa Anda akan terbangun dengan rasa tidak nyaman atau sering terbangun di malam hari hanya karena memikirkan persoalan yang belum selesai. Pikirkanlah sesuatu yang menyenangkan atau berpikir positif untuk datangnya hari esok. Atau gunakan momen sebelum tidur untuk menenangkan diri dengan berdoa (berdzikir) mengingat Tuhan agar Anda semakin jauh dari mimpi buruk.

Banyak meminum air putih

Berbeda dengan minuman manis yang mengandung glukosa yang menyebabkan Anda harus bolak-balik ke kamar mandi, air putih justru baik untuk Anda karena berfungsi melancarkan pencernaan. Dengan meminum banyak air putih sebelum tidur maka pencernaan akan terbantu dan metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik.

Tips diatas sangat mudah dijalankan. Maka mulailah dari sekarang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga lebih siap menjalani hari esok dan seterusnya. Untuk tidur yang berkualitas dan hidup yang lebih baik, mari! (fdh)
Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top