Bagi Anda yang cinta lingkungan dan tak ingin menambah polusi udara, sepeda merupakan alternatif alat transportasi yang tepat. Selain itu bersepeda merupakan cara berolahraga yang menyenangkan dibandingkan dengan yang lain. Bersepeda membuat Anda menggerakkan anggota badan tertentu sekaligus membawa Anda ke tempat-tempat tertentu yang pemandangannya seringkali mengesankan mata. Olahraga ini sekaligus mampu menjadi terapi relaksasi, di mana pemandanganindah dan semilir angin yang berhembus mampu membuat Anda lebih santai menikmatinya.

Hasil dari bersepeda akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha dan pinggul. Selain itu pada setiap jam, bersepada dapat membakar 300 sampai 700 kalori, jadi akan sangat berguna jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Olahraga ini juga mampu meningkatkan volume paru-paru sampai 50%.

Bersepeda merupakan olahraga yang aman bagi penderita obesitas dibandingkan dengan olahraga yang lain. Olahraga lain yang menharuskan berlari dan melompat akan memberikan benturan yang menyebabkan cidera kaki, pinggang, punggung, yang akan berdampak lebih keras pada penderita obesitas. Bersepeda juga dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung.

Jika Anda tertarik dan ingin membeli sepeda, tak ada salahnya Anda membaca tips berikut,
  1. Pastiken sadel sepeda nyaman diduduki dan dalam ukuran yang pas
  2. Sesuaikan sadel dengan tinggi badan Anda. Sadel terlalu tinggi akan menyebabkan paha Anda cidera dan akan menyulitkan saat harus dikayuh. Sedangkan jika sadel terlalu rendah akan membuat kaki harus menekuk terlalu banyak dan membuat pegal. Idealnya tinggi sadel dan tinggi stang sepeda sejajar.
 Sedangkan jika Anda telah memiliki sepeda yang tepat, maka tips berikut mungkin akan membantu Anda,

  1. Periksa kondisi sepeda sebelumnya, pastikan rem dan ban dalam kondisi sempurna sehingga perjalanan aman dan nyaman.
  2. Lakukan sedikit pemanasan peregangan otot bagian bawah untuk menghindari cidera.
  3. Gunakan perlengkapan perlindungan seperti helm, kaos kai, dan sarung tangan untuk penambah keamanan.
  4. Usahakan Anda mengayuh satu putaran penuh.
  5. Saat permulaan, lakukan dengan kecepatan perlahan selama 5-10 menit untuk pemanasan dan penyesuaian dengan sepeda.
  6. Kecepatan yang dianjurkan untuk kesehatan adalah 27km/jam dan 70 putaran per menit.
  7. Lakukan pendinginan seusai bersepeda, kurang lebih 10 menit.
Bagaimana? Menarik dan menyenangkan bukan? Murah tanpa bahan bakar, bebas asap dan polusi sekaligus menyehatkan. Selamat bersepeda. (s@ri)






Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top