Menikmati teh
Minuman ini tak kalah nikmatnya dengan Kopi. Selain sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, melangsingkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, teh juga berperan mencegah penyakit jantung dan mengurangi kolesterol.
Teh merupakan minuman ringan dengan berbagai kandungan zat yang bermanfaat di dalamnya. Adalah Polifenol yang berupa katekin dan flavanol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan menghambat sel kanker. Teh juga mengandung vitamin E sebanyak 100-200 IU yang baik untuk kulit dan menjaga kesehatan jantung. Terdapat pula vitamin A yang baik untuk penglihatan dan Vitamin C yang penting untuk imunitas atau daya tahanu tubuh.

Walaupun demikian, terdapat pula kandungan zat yang tidak baik di dalam teh yakni kafein. Kafein pada teh dapat menghambat penyerapan makanan. Sehingga batas aman meminum teh dalam sehari adalah 5 cangkir teh berukuran 200ml atau 750mg.

Ada bebrapa hal yang harus Anda perhatikan saat meminum teh, diantaranya,
  1. Hindari meminum teh dicampur dengan gula karena hal ini dapat mengurangi zat-zat yang terkandung di dalamnya.
  2. Teh yang sudah berumur sehari akan teroksidasi dan basi serta berdampak tidak baik untuk tubuh. Maka sebaiknya Anda tidak meminumnya.
  3. Hindari meminum teh saat perut kosong karena akan memicu produksi asam lambung.
  4. Jangan meminum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan akan dicuri oleh zat stimulan yang ada di dalam teh.
  5. Wanita hamil dan menyusui dilarang meminum teh karena kafein akan merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar penghasil ASI.
  6. Gunakan air seduhan 80 derajat celcius karena air yang meiliki suhu terlalu tinggi akan mematikan zat-zat yang bermanfaat di dalam teh.
  7. Campurkan susu ke dalam teh karena kalsium dapat mengurangi efek stimulan.
  8. Tambahan perasan jeruk lemon akan melindungi pencernaan Anda karena asam sitrat lemon mencegah timbulnya kerak dalam usus.
Di beberapa negara, teh dilibatkan dalam beberapa acara penting. Kebiasaan meminum teh juga sudah menjamur di belahan dunia yang lain. Silakan meminum teh dengan memperhaikan beberapa tips diatas. (s@ri)

Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top