savingforfuture
Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Barangkali kalimat itu yang sering diungkapkan orangtua Anda ketika kecil agar gemar menabung. Pelajaran menabung memang seharusnya diajarkan kepada anak sedini mungkin agar menjadi kebiasaan dan kebutuhan kelak saat dia dewasa. Ketika si kecil mulai mengerti kebutuhannya semisal makanan, mainan ataupun yang lain, seringkali orang tua tanpa beban akan menuruti seluruh keinginannya dengan tujuan membahagiakannya. Bahkan saat si anak sudah mulai bisa membeli sesuatu, terkadang orang tua memberikan uang yang berlebihan yang membuat si anak menjadi boros dan tidak mengerti bagaimana menyimpan uang untuk kebutuhan yang lain.

Secara sederhana, orang tua yang memiliki kecukupan harta tidak merasa bermasalah jika anaknya hobi jajan. Namun, bagi kelompok dengan penghasilan pas-pasan hal ini akan jadi problem tersendiri. Dalam jangka panjang, kedua jenis orang tua tersebut akan menyimpan masalah bagi masa depan perkembangan anak. Sering disebutkan, bahwa kebiasaan seseorang dipengaruhi oleh apa yang diajarkan oleh orangtuanya ketika masih kecil. Hal ini berlaku juga dalam hal kebiasaan menabung. Seseorang akan terbiasa hidup hemat apabila saat dia kecil orang tuanya melatih untuk menunda untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Sebaliknya, seseorang yang boros kemungkinan saat kecil seluruh kebutuhannya selalu dipenuhi dengan mudah. Maka dari itu, penting untuk menanamkan pengetahuan tentang uang kepada anak, karena hal itu tentu berpengaruh pada diri anak saat dewasa dan menjadi orangtua bagi anak-anaknya kelak.

Beberapa tips berikut akan sangat berguna bagi Anda untuk melatih anak bagaimana mengenali dan mengerti arti uang beserta kegunaannya.
  1. Pada saat anak bisa berhitung, kenalkan dia dengan uang. Bagaimana cara menggunakannya dengan baik, cara menabung, dan bagaimana berinvestasi agar tumbuh dan berkembang. Tanamkan dalam diri anak perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Berikan pengertian bahwa sudah seharusnya kebutuhan lebih diutamakan daripada keinginan. Gunakan bahasa yang sesuai dengan usianya, dan tetap disesuaikan dengan perkembangan anak. Berikan contoh yang mudah antara kebutuhan akan sekolah, dengan keinginan membeli mainan. Hal ini akan penting baginya agar dapat berlatih membelanjakan sesuatu dengan bijak dan cerdas.
  2. Berikanlah uang saku sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Cobalah untuk memberikan uang saku sekaligus untuk beberapa hari, semisal satu minggu. Cobalah juga untuk menanyakan sesekali belanja yang dia lakukan dengan uang yang telah diberikan. Berikan juga pengertian agar dia dapat melakukan pengaturan keuangannya selama waktu tersebut. Dan jangan memberinya uang lagi, sampai pada waktunya ia kembali menerimanya. Kedisiplinan dalam mengatur uang dan membiasakan untuk melakukan perencanaan akan sangat penting untuk ditanamkan.
  3. Membangun kebiasaan menabung anak dapat dilakukan dengan cara mengajaknya pergi ke bank. Tanamkan bahwa cita-cita akan masa depan harus dibangun dengan jerih payah dan kerja keras. Salah satunya dengan menabung. Dengan menabung sedikit demi sedikit uang yang diberikan, hingga jumlahnya cukup, tidak ada salahnya mengajak anak ke bank dan membelanjakan sedikit barang yang dia perlukan. Dengan demikian si anak akan mengerti proses pengorbanan, sekaligus kebiasaan menabung. 
  4. Melatih dan memberikan pengalaman kepada anak agar gemar menabung serta menjadi investor yang baik perlu dilakukan sejak dini, sehingga anak Anda bisa mengerti dan menghargai nilai uang. Hal ini akan melatihnya untuk lebih bijak dan mendorongnya untuk gemar menabung dan berinvestasi.
Membangun keyakinan baik orang tua ataupun anak bahwa segala keuntungan yang diperoleh di masa depan adalah buah dari hasil kerja keras dan didikan untuk membangun dari sekarang harus ditanamkan demi kehidupan yang lebih baik. Hal tersebut juga perlu diimbangi pula lewat menanamkan anak agar rajin berdoa dan beribadah sebaik-baiknya kepada Tuhan sebagai Sang Pemberi Rizki. Selamat mencoba! (wd)


Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top