Sakit kepala sebelah atau lebih dikenal dengan migrain biasa menyerang disaat Anda berada dalam situasi yang memaksa untuk berpikir keras. Sehingga selain menyiksa fisik, migrain juga sering membuat penderitanya kesulitan mengatur emosi karena Anda akan merasa gelisah, mudah tersinggung dan stres.

Gejala umum migrain biasanya berupa sakit kepala yang tak tertahankan baik sebelah atau kedua sisi, penglihatan yang berkunang-kunang, melihat bintik hitam, sensitif terhadap penglihatan dan benda yang terlihat menjadi semakin kecil daripada aslinya.

Migrain wajar terjadi pada perempuan saat masa haid di mana terjadi perubahan produksi hormon estrogen, dan umum bagi seseorang yang hobi merokok, perubahan cuaca, kelelahan dan asupan makanan yang salah.

Sebenarnya obat yang diberikan oleh dokter tidak sepenuhnya membantu menyembuhkan migrain. Obat tersebut hanya berfungsi untuk meringankan beberapa gejalanya. Anda dapat mengurangi frekuensi tingkat keparahan migrain dengan cara yang dilansir oleh Dailymail berikut ini
  1. Hindari kebiasaan buruk yang dapat memicu migrain seperti merokok, terlalu banyak olahraga berat, stres, kurangnya waktu tidur, dan bau yang menyengat.
  2. Jaga kestabilan gula darah. Penurunan gula darah dapat memicu terjadinya migrain. Makan tertaur setap empat jam sekali dan usahakan mengkonsumsi makanan dengan indeks glisemik rendah seperti buah, sayur dan yogurt.
  3. Kurangi konsumsi kafein seperti kopi, teh dan coklat.
  4. Kurangi penyedap makanan seperti MSG dan pemanis buatan.
  5. Perbanyak minum air karena dehidrasi dapat memicu migrain.
Sedangkan jika Migarin terlanjur menyerang, Anda bisa mengatasinya dengan tetap berpikir relaks dan santai. Tidurlah di tempat yang gelap. Lakukan pijatan lembut pada kepala atau letakkan es pada pagian kepala yang nyeri. Ada baiknya Anda mendatangi dokter dan berkonsultasi. Hal ini mencegah sesuatu yang tidak diinginkan atau sekedar memastikan Anda terserang migrain atau hanya sakit kepala biasa. Semoga bermanfaat. (s@ri)

Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top