Ikan memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung Anda. 
Untuk mendapatkan manfaat dari ikan secara maksimal, Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculture atau USDA) merekomendasikan makan delapan ons ikan setiap pekan. Cara mudah mendapatkan semua manfaat ikan dengan mengganti dua porsi daging setiap pekan dengan ikan.

Fungsi dan Manfaat Makan Ikan
Fungsi dan Manfaat Makan Ikan
Berikut beberapa manfaat memakan ikan, seperti dilansirSheknows:

1. Mengontrol berat badan

Ikan merupakan makanan yang rendah lemak dan sumber lemak berkualitas tinggi. Makan ikan ketika makan malam akan membantu Anda merasa kenyang tanpa menimbun lemak. Caranya dengan tidak digoreng, tapi dikukus, dibakar, atau dibuat sup.

2. Kesehatan jantung

Dalam sebuah studi pada 2006 yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, peneliti menemukan bahwa tingkat kematian akibat penyakit jantung pada orang dewasa yang makan ikan dua kali sepekan, 36% lebih rendah daripada mereka yang makan ikan sedikit atau tidak sama sekali. Ikan merupakan sumber penting dua asam lemak omega-3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid(DHA). Omega-3 membantu menurunkan tekanan darah yang akan membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Karena tubuh tidak memproduksi omega-3, maka kita perlu mendapatkannya melalui makanan yang dimakan, contohnya ikan.

3. Fungsi otak yang lebih baik

Omega-3 juga dapat menjaga otak Anda dalam kondisi prima. Omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat menurunkan risiko ADHD, depresi, dan demensia. Selain itu, sebuah penelitian yang dipresentasikan pada 2011 dalam Radiological Society of North America menunjukkan bahwa mengonsumsi dua porsi ikan setiap pekan dapat mencegah penyakit Alzheimer.

4. Menurunkan kolesterol dan trigliserida

Ikan air dingin dapat membantu menurunkan trigliserida atau lemak darah. Dengan mengganti dua porsi daging dengan ikan, Anda mengganti sumber tinggi lemak jenuh dengan protein. Untuk mendapatkan manfaat penurunan kolesterol dan trigliserida secara maksimal, pilihlah ikan air dingin, seperti salmon,trout, sarden atau tiram.

5. Mencegah penyakit

Dalam studi Harvard yang sama, para peneliti menemukan bahwa angka kematian secara keseluruhan di antara orang dewasa yang makan ikan dua kali sepekan 17% lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa yang makan ikan sedikit atau tidak sama sekali. Makan ikan dapat mencegah sejumlah penyakit lainnya, seperti peradangan, kanker tertentu, dan arthritis.



Demikian artikel info tentang : , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar

 
Top